Beralih ke mode gelap.

Beralih ke mode terang.

in , ,

Risma Akan Cairkan BANSOS Besok! Akan di Kirim Kerumah-Rumah Lewat PT POS

Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Kabar baik untuk rakyat Indonesia, kabarnya Menteri Sosial Tri Rismaharini mengumumkan bahwa Bansos disalurkan besok 4 Januari 2021.

Bansos yang semulanya berbentuk sembako tersebut untuk masyarakat di wilayah Jabodetabek akan diubah menjadi bantuan tunai.

Sementara itu penyaluran bansos dilakukan oleh tenaga dari PT POS ke rumah penerima dianggap langkah tepat untuk mencegah kerumunan.

“Dengan PT POS mulai disalurkan pada 4 Januari (2021). Kita harap dalam satu minggu bisa selesai di seluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus di Papua berbeda,” kata Risma seperti dikutip dari Antara, Sabtu (2/1).

Risma mengungkapkan, “Kenapa hampir, karena kami akan mengembalikan (data) hari ini ke daerah dan (data) itu harus kembali ke pemerintah pusat tanggal 1 Januari, ‘Bu 1 Januari kita libur?’ Kita enggak ada libur karena saya ingin menyampaikan sesuai dengan instruksi Bapak Presiden bahwa minggu pertama Januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat bantuan,”

Hal tersebut karna rata-rata belanja sembako di Indonesia per bulan adalah berjumlah Rp 3,76 triliun atau sekitar Rp 60 miliar untuk lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia.”

Dengkan kata lain akan ada perputaran uang yang lumayan besar di daerah-daerah. Penerima program sembako atau BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) tahun ini adalah 18,8 juta penerima dengan menerima Rp 200.000 per bulan untuk Januari sampai Desember,” ujarnya.

Sedangkan pada Program BST (Bantuan Sosial Tunai), tahun 2021 ditargetkan untuk 10 juta orang penerima termasuk di Jabodetabek yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan per bulannya adalah Rp 300.000 bagi setiap penerima manfaat.

Penyaluran bantuan tersebut akan diberikan oleh pemerintah di Januari, Februari, Maret, dan April atau selama empat bulan. Selain itu, masih ada Program Keluarga Harapan yang ditujukan untuk 10 juta penerima manfaat dengan penyalur Bank Himbara.

Mensos Risma juga mengungkapkan akan memperbaiki sistem pembagian bantuan mulai bulan Februari 2021 agar lebih mudah.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

Photo : https://www.indonesia-investments.com/

CATAT! Ini Dia Bansos yang Siap Diberikan Mensos Risma Tahun Ini, dari PKH hingga BST

Photo: dok. Istimewa via Detik.com

Profil dan Biografi Rashda Diana, Cucu Pendiri Pondok Gontor dan Istri Din Syamsuddin

Back to Top